Desain Interior Minimalis

          Rumah tinggal dengangaya minimalis sekarang ini memang sangat diminati oleh masyarakat yang serba praktis termasuk dengan furnitur minimalis nya. Gaya minimalis ini dianggap dapat mewakili gaya hidup modern mereka. Masyarakat yang tinggal di perkotaan pada saat ini ingin memiliki Bangunan Rumah Minimalis yang praktis dan multifungsi, tetapi tetap nyaman untuk ditinggali.Mempertahankan unsur praktis dan fungsional menjadi kunci dasar dalam mendesain interior rumah minimalis. Interior Rumah Minimalis tidak selalu berarti kaku, sumpek, dan sempit. Sebenarnya,  Rumah Minimalis dapat ditata dengan interior yang tepat agar nyaman dan terkesan luas, Meskipun dengan  lahan yang terbatas.

Berikut adalah hal-hal yang harus kita perhatikan dalam mendesain interior rumah minimalis anda :

  1. Pemilihan bahan yang tepat dapat mengentalkan konsep minimalis yang ingin dihadirkan. Furnitur desain dengan material kaca misalnya yang dipadu dengan aluminium atau besi tempa termasuk jenis furniture yang banyak digunakan. Selain bentuknya yang simpel, perawatannya pun relatif mudah dilakukan.
  2. Pilih aksesoris yang bersifat menguatkan warna dan tema ruangan untuk. Pilihlah aksesoris ruang yang uncluttered (bersih, tegas, tanpa profil, bentuk geometris yang minimal)yang sesuai dengan kebutuhan ruangan, perfect, tidak berlebihan. Asesoris yang ideal adalah vas bunga dari gelas artistik, piring simple berisi buah dan/atau tempat lilin.
  3. Pemilihan gorden minimalis furniture pun mampu mendukung kesan yang ingin ditampilkan dalam ruangan. Dengan jenis roman blind, misalnya yang bersifat ringan sekaligus mampu memberi kesan dinamis dalam ruangan yang minimalis.
  4. Desain furniture yang presisi dan tegas juga menjadi ciri khas pada arsitektur maupun furniture minimalis design. Oleh karena itu, pilih meja atau kursi yang memiliki desain furniture minimalisyang  sederhana, sedikit, atau tanpa ornament. Dengan ornament yang minim tersebut, dapat memudahkan perawatan dan ruangan terksesan lebih lega sehingga cocok bila diterapkan pada rumah minimalis yang mungil.
  5. Gunakan elemen yang senada terutama pada dekorasi garis hiasan warna, unsur kayu, bahan untuk lantai, motif, bahan, atau material. Dalam memilih karpet gunakan karpet dengan warna polos tanpa motif sehingga konsep interior menimalis lebih terasa.
  6. Permukaan meja, permukaan credensa atau cabinet dalam keaadaan bersih dan kosong. Letakkan buku dan barang-barang lain dalam laci.
  7. Pemilihan warna furniture minimalis design dan corak pun harus diperlihatkan dengan cermat, di mana corak bunga-bunga atau warna-warni yang terlalu ramai kurang cocok bila dipadukan dalam rumah minimalis. Pertahankan nada warna setiap kali menambah atau mengganti aksesori furniture dan furniture dalam satu ruangan.
  8. Cover bed, sprei dan sarung bantal gunakan corak yang simple. Kombinasi warna batasi pada dua warna tanpa motif.
  9. Tata setiap aksesori dan furniture dengan cermat agar ruangan tidak berkesan terlalu penuh karena justru dapat menegaskan kesan minimalis yang ingin diciptakan. Contohnya penataan pigura foto menggunakan pigura yang lebih besar namun dalam jumlah sedikit untuk memberi aksen dalam ruangan. Gunakan lukisan dengan komposisi dan frame yang simple, tanpa profil atau ukiran. Jangan terlalu banyak lukisan, pilih yang besar dari koleksi Anda.
  10. Pilih warna dinding dengan warna yang terang seperti warna pastel/pucat yang netral seperti putih, abu-abu, beige atau krem. Berilah aksen dengan menggunakan permainan dua warna yang sengaja ‘ditabrakkan’ untuk menghapus kesan monoton.
  11. Kusen pintu dan jendela, sebaiknya menggunakan kayu warna gelap tanpa profil. Akan lebih baik lagi jika memakai kusen alumunium karena lebih presisi.
  12. Jika Anda menggunakan railing tangga dan teralis, pilihlah yang ber-motif sederhana tanpa ornamen ‘berat’ seperti motif bunga-bunga/suluran. Perpaduan garis-garis horisontal dan vertikal pada railing, adalah sebuah salah satu ciri interior rumah minimalis.
  13. Lampu penerangan bisa menggunakan model down light, lampu sembunyi, maupun lampu gantung berbentuk bulat, kotak, ataupun prisma.
  14. Hindari menggunakan sekat ruangan yang permanen. Penggunaan sekat untuk memisahkan ruangan hanya akan menimbulkan kesan sempit. Jika memang terpaksa harus menggunakan sekat, pilihlah yang sifatnya temporer atau aksesori saja. Fungsinya hanya memisahkan antar ruangan dan bukan membatasi.
  15. Letakkan material  berbau alam di dalam rumah. Rumah yang banyak terkandung material alamnya akan terasa lebih nyaman, segar,  dan tidak panas. Kita bisa meletakkan pot berisi tumbuhan di dalam rumah. Di sampin itu, pemberian lapisan dinding dari batu kali granit atau batu yang lain akan membuat rumah semakin dingin dan sejuk di siang hari.
  16. Kenyamanan rumah juga bisa diciptakan dengan menempatkan kolam mini atau akuarium. Rumah yang di dalamnya terdapat elemen air dan ikan akan memberikan hawa yang positif. Ikan yang biasa dipakai adalah ikan koi atau ikan lain yang disukai. Suara gemercik air pikiran menjadi tenang dan stres pun bisa diminimalkan.

semoga tips diatas berguna.  Dan Jika Anda masih kesulitan dalam mendesain interior minimalis, akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan konsultan interior / desainer interior.  Mereka mampu mendesain rumah untuk Anda dalam setiap gaya yang Anda inginkan. Anda dapat melihat berbagai desain rumah mereka dan berencana untuk melihat mana yang bekerja untuk Anda.  Anda juga dapat melihat beberapa desain rumah dan rencana, untuk beberapa inspirasi. Anda dapat dengan mudah mendapatkan interior  impian. http://selarasdesain.com/