Desain Rumah Minimalis Tropis Bali

Pengertian desain rumah minimalis tropis

            Mungkin banyak dari anda yang bertanya tanya apa yang dimaksud dengan desain rumah minimalis tropis. Desain rumah minimalis tropis adalah desain rumah minimalis (bangunan tanpa hiasan berlebihan) yang sudah diadaptasi dengan kondisi iklim tropis di indonesia. Gaya arsitektur minimalis bukan asli produk negeri kita, Rumah minimalis di indonesia tentunya berbeda dengan rumah minimalis di negara luar seperti jepang, arab saudi dll.

              Desain rumah minimalis tropis sudah diadaptasi dengan iklim di indonesia, mengingat iklim di indonesia adalah tropis tentunya desain rumahnya di sesuaikan dengan iklim yang ada. karenanya Anda tetap harus memperhatikan faktor-faktor iklim tropis seperti hujan dan panas matahari. Yang tidak kalah penting hubungan antar-ruang terkoordinasi dengan baik, udara bisa mengalir lancar ke interior rumah, begitu pula sinar matahari pagi. Jadi, keberadaan bukaan dan ventilasi udara penting pada Desain rumah minimalis tropis. Selain itu jika hujan rumah tidak tampias atau bocor, pada musim kemarau rumah tidak panas. Perhitungkan arah matahari, jangan sampai rumah tinggal minimalis Anda salah arah dengan menghadap matahari, alhasil Anda bakal memiliki ruangan yang kerap panas terjemur matahari.

Renovasi Desain Rumah Minimalis Tropis Bali

              Rumah pak aam Bekasi ini awalnya berdesain minimalis dengan 1,5  lantai, maksudnya sebagian kecil area di belakang sudah di duck 2 lantai yang pakai sebagai jemuran sedang di lantai 1 garasi 1 mobil, 2 kamar tidur, ruang tamu, dapur, ruang keluarga, musholla, garasi motor dan kolam ikan. Meningat kebutuhan akan ruang dalam yang semakin banyak, pak aam mencari arsitek rumah yang bisa membantu desain renovasi rumah dan membantu mengaplikasikan semua keinginan dan kebutuhan ruang ke bangunan baru. Lewat web ini pak aam mempercayakan selaras desain sebagai arsitek rumah yang akan direnovasi sesuai dengan keinginan beliau.

            Setelah berdiskusi cukup panjang akhirnya pak aam menugaskan selaras desain untuk mendesain rumah bergaya minimalis tropis dipadukan dengan arsitektur bali modern. Arsitektur bali modern dipilih karena kegemaran owner traveling ke pulau dewata bali, owner suka sekali dengan kebudayaan bali dan bentuk rumah-rumah bali yang artistik,  sehingga jika dipadukan maka desain rumah minimalis tidak monoton. Selain itu juga desain rumah minimalis tropis bali ini dipilih agar owner jika sudah berada di rumah suasana seperti sedang liburan di villa bali sehingga dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan stress setelah bekerja di luar rumah.

           Tata ruang dalam (interior) rumah tinggal setelah di renovasi mengalami perubahan signifikan terutama di lantai 1. Perubahan tersebut dapat dilihat dari kamar tidur yang awalnya terdapat 2 ruang tidur menjadi tanpa ruang tidur. Ruang tidurnya di pindahkan ke lantai 2 menjadi 3 ruang tidur, 1 ruang tidur utama dan 2 ruang tidur anak. Pada lantai 1 ruang tidur yang ada sebelumnya di jadikan carport mobil dan ruang keluarga. Owner membutuhkan carport yang bisa untuk 2 mobil mengingat owner pada saat ini sudah memiliki 2 mobil. Sedangkan kamar yang satunya lagi di bongkar dijadikan ruang keluarga agar ruang keluarganya menjadi lebih luas. Ruang keluarga dan ruang tamu di biarkan tanpa sekat dining hanya di beri sekat / partisi ruang dari mebel agar terkesan luas dan tidak masif. Mebel partisi ruang ini bisa juga di pindahkan, sehingga apabila owner ada acara keluarga yang membutuhkan ruang interior yang cukup luas maka cukup memindahkan partisi saja.

            Selain perubahan pada denah interior rumah tinggalnya tentunya perubahan juga terjadi desain fasade rumah tinggal bukan hanya pada ketinggian bangunannya dari 1,5 lantai menjadi 2 lantai tapi juga pada gaya bangunannya, awalnya dari yang berbentuk minimalis standart perumahan menjadi desain rumah minimalis tropis bali. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya ornamen bali yang menjadi hiasan rumah ini di bandingkan sebelumnya dengan bentuk minimalis yang tanpa hiasan.

            Pada dasarnya bangunan di bali memiliki 3 bagian yaitu memiliki bagian kaki atau dasar bangunan berupa bebaturan, bagian badan atau tengah berupa saka (tiang kolom), tembok dan bagian kepala atau atas berupa atap bangunan. Berikut ini beberapa penjelasan dari masing-masing bagian tersebut:

  • Bagian dasar/kaki bangunan

Pada bagian dasar bangunan arsitektur tradisional Bali disebut dengan bebaturan. Fungsi dari bebaturan yaitu sebagai dasar dan pondasi bangunan. Pondasi pada bangunan tradisional Bali ada dua macam, yaitu : pondasi menerus dan pondasi setempat. Pondasi menerus berfungsi menopang tembok, sedangkan pondasi setempat atau dalam arsitektur tradisional Bali dikenal dengan istilah jongkok asu berfungsi untuk menopang tiang atau saka. Pada bangunan renovasi desain rumah minimalis tropis bali ini ada penambahan beberapa bagian pondasi setempat sebagai topangan beban lantai2.

  • Bagian tengah/badan bangunan

Pada bagian madya (tengah) yaitu berupa tembok, saka(tiang). Material yang digunakan pada tembok yaitu dari bahan bata dan batu padas. Pada bangunan desain rumah minimalis tropis bali ini dinding exterior menggunakan batu bata expose pada area carport dan balkon sedangkan sisi samping yang sedikit menonjol di lapis batu andhesite sisir sedangkan cat tembok exterior menggunakan cat teksture,  warna cat rumah yang dipilih warna abu-abu agar mendapatkan suasana lebih alami. Pada area pagar, rumah minimalis ini menggunakan dinding bata dengan finishing cat pagar abu-abu dan batu ukuir. Biasanya yang dipakai adalah batu paras jogja karena batunya tidak keras sehingga lebih mudah di ukir sesuai dengan keinginan kita. Sedangkan pintu pagar rumah minimalis terbuat dari material kayu agar kesan alaminya makin terasa. Tidak ketinggalan juga kita tempatkan ukiran kayu pada bagian atas balkon sebagai point of view desain fasade rumah minimalis tropis bali ini.

  • Bagian atas/kepala bangunan

Atap merupakan bagian utama (kepala) pada arsitektur tradisional Bali. Bentuk atap bangunan pada rumah tinggal tradisional Bali berbeda sesuai dengan fungsinya. Model atap rumah  minimalis tropis bali biasanya berbentuk limasan atau perisai dengan bahan atap genteng. Yang membedakan atap rumah minimalis tropis bali dan atap rumah minimalis tropis biasa adalah ornamen pada atapnya, pada atap rumah minimalis biasanya tanpa oranamen sedangkan desain atap minimalis tropis bali terdapat Beberapa ornamen atap Bali biasanya sudah dicetak dan disesuaikan dengan ukuran. Luas atap diproporsionalkan dengan ukuran ornamen. Mengenai bahan juga beragam, ada yang dari bahan tanah liat, batu alam, limestone, beton, GRC, bahkan tembaga. Pada bangunan rumah tinggal minimalis tropis bali ini menggunakan  MURDA (Mahkota) di posisi nok dan IKUT TLEDU (ekor kalajengking) di posisi bawah jurai luar.

Bagaimana anda tertarik untuk menerapkan desain rumah minimalis tropis bali ke dalam rumah tinggal anda?. Namun jika anda kesulitan mewujudkan desain rumah idaman anda ada baiknya untuk menggunakan jasa arsitek rumah agar hasilnya lebih maksimal. Selaras desain bergerak di bidang konsultan desain interior dan desain arsitektur / desain exterior di Surabaya dan sekitarnya yang akan membantu anda menciptakan desain rumah minimalis, rumah modern , rumah cantik, rumah mewah ataupun tempat usaha yang elegan, nyaman dan berkualitas tinggi bagi Anda sehingga dapat membantu memberikan jasa desain interior dan arsitek rumah terbaik untuk Anda. Bagi anda yang berlokasi jauh dari surabaya jangan khawatir kami bisa membantu anda lewat arsitek online. Dengan jasa yang satu ini maka anda akan di mudahkan dengan layanan “online” yang sangat mudah tanpa harus anda bersusah payah untuk bertemu langsung dan anda dapat menikmati layanan jasa ini di manapun dan kapanpun.